Selasa, 23 Juni 2015

Posted by Unknown On 18.41
Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar di jawa timur yang juga menjadi ibu kota di provinsi tersebut. Kota yang juga di juluki dengan sebutan kota pahlawan ini memiliki ciri khas dengan patung ikan sura dan buaya yang melambangkan ke gagahan kota Surabaya. Di kota ini juga terdapat sebuah tug yang di sebut dengan tugu pahlawan. Selain tugu, terdapat bermacam jenis part yang menampakkan identitas kota Surabaya. Seperti jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Madura, makanan khas lontong balap, tarian khas tari remo, bandar internasional Juanda, taman bermain baru Surabaya Carnival Night Market yang menjadi icon baru Surabaya, taman yang tersebar diseluruh pelosok kota seperti taman Bungkul, taman Pelangi, dan tak lupa icon anak muda yang menjadi sorotan utama di pendidikan budaya muda-mudi kota Surabaya yaitu Cak & Ning Surabaya.




  • Cak & Ning Surabaya


Merupakan sosok muda Surabaya yang berkualitas guna mewakili Surabaya dalam pelestarian budaya daerah dan mampu sebagai duta wisata Surabaya. Busana yang dikenakan adalah pakaian khas Surabaya Tempo Doeloe  yaitu Udeng Batik Pinggir Modang Putih warna hitam tiga tingkat dengan pancot miring, Jas tutup badan dengan asesoris, rantai jam dengan bendel hiasan, kain jarik Parikesit, Rawon atau Gringsing Wiron dan mengenakan terompah bagi Cak Surabaya. Sedang Ning Surabaya mengenakan sanggul bentuk gelung rambut biasa, kebaya dan kerudung ber-renda, kain sarung batik pesisir dan selop tutup serta mengenakan asesoris anting –anting panjang, binggel dan gelang emas,peniti renteng, celak mata dan pacar.

sumber : http://www.surabaya.go.id/dinamis/?id=67



  • Lontong Balap Surabaya

Lontong balap adalah makanan khas Indonesia yang merupakan ciri khas kota Surabaya di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, toge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan dipencet ini bentuk lentho asli lontong balap, berbeda dengan lentho yang dipakai sekarang), kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diambilkan kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang.




  • Taman Kota Surabaya
Kota Surabaya saat ini memiliki lebih dari 30 taman yang tersebar luas di dalam kota. Ada taman aktif dan ada taman pasif. Taman yang dimaksud dengan taman aktif ialah taman yang bisa di masuki dan dikunjungi sebagian besar penduduk dalam maupun luar kota Surabaya.
Sedangkan taman pasif ialah taman yang berfungsi sebagai paru - paru kota Surabaya yang tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang. Salah satu taman yang terkenal di kota Surabaya ialah taman bungkul. Taman yang namanya sempat tercoreng karena sering digunakan tempat (maaf) mesum ini sekarang kembali tenar dengan banyaknya pengunjung kesini. Tetapi kejadian - kejadian yang buruk di kemarin hari tidak akan terulang kembali karena banyaknya petugas polisi pamongpraja yang berjaga di taman ini. Bahkan disaat minggu pagi, taman bungkul termasuk dalam salah satu tempat diadakannya car free day di kota Surabaya. Di malam harinya tidak jarang taman ini menjadi tempat show untuk berbagai acara seperti tari budaya, konser musik, turnamen skateboard & bmx, dan masih banyak lagi yang biasa di tampilkan di sana. 


0 komentar:

Posting Komentar