Rabu, 24 Juni 2015

Posted by Unknown On 00.18
Di era yang serba maju ini, tidak bisa di pungkiri lagi bahwa penyebab utama majunya kemampuan berkreasi kita ini dikarenakan semakin canggihnya dunia teknologi di sini. Contoh kecilnya seperti cara kita berkomunikasi dengan teman kita. Dahulu saat belum ada teknologi maju, orang orang berkomunikasi dengan cara saling berkirim surat, sedikit maju saat mereka mulai menggunakan pager, semakin maju lagi saat mulai ada telephone genggam, dan akhirnya bisa menjadi marak dan mewabahnya kecanduan smartphone. Kecanduan ini tidak menunjuk hanya kepada muda mudi saja, melainkan orang tua juga mengalami kecanduan dalam memakai dan menggunakan smartphone ini.



  • Apa sih asyiknya?
Bagi kalangan tertentu sungguh sangat mengherankan melihat banyaknya manusia yang kecanduan menggunakan dan mengotak-atik smartphone mereka sepanjang hari. Tetapi bagi para smartphone addict, ini merupakan hal wajib untuk mengoperasikan smartphone mereka. Dengan banyak fitur yang di tawarkan di sini, para pengguna bisa mengaksess ke beberapa penjuru bahkan sampai pelosok dunia tersempit dapat di akses dengan smartphone. Bagi kalangan muda mudi, smartphone wajib memiliki aplikasi chatting. Aplikasi chatting pun beragam jenisnya, mulai dari line, bbm, wechat, whastup, kakao talk, dan masih banyak lagi. Selain untuk chatting, biasanya mereka menggunakan untuk membuka aplikasi masa kini seperti path, instagram, ask.fm, snapchat, twitter, facebook, dan lainnya. Tetapi bukan hanya untuk bersenang senang saja. Smartphone juga dapat berfungsi dalam keadaan genting, saat tersesat kita dapat menggunakan GPS di dalamnya. Saat anda membutuhkan beberapa barang dalam keadaan terdesak, anda bisa menggunakan aplikasi seperti kalkulator, voice recorder, dan lainnya. Di dalam smartphone ini tentu bagian utamanya adalah untuk berhubungan via telephone dan saling menirim pesan melewati SMS. Lalu saat anda sedang bepergian dan tidak membawa kamera, di dalam smartphone inilah juga terdapat kamera yang siap mengabadikan setiap momen yang anda lakukan saat sedang bepergian.


  • Dampak Negatif dari penggunaan 
Semua yang di lakukan secara berlebihan tentunya akan menimbulkan dampak buruk dan kurang baik dalam kehidupan. Sama halnya dengan penggunaan smartphone secara berlebihan, akan mengakibatkan kecanduan yang efeknya sangat buruk bagi pecandunya. Efeknya dapat bermacam-macam, mulai dari menurunkan kemampuan mata, sering tidur malam, sering malas beraktifitas, ketergantungan, dan yang pasti berdampak buruk dalam nilai akademik jika penggunanya merupakan seorang pelajar atau mahasiswa. Bahkan karena terlalu kecanduan, ada beberapa manusia yang jika dia tertidur lalu bangun dari tidurnya, dia akan seperti orang yang kebingungan jika dia tidak menemukan smartphonenya disaat dia terbangun dari tidurnya. Untuk menghindari kecanduan dan ketergantungan semacam ini, sangat di anjurkan kepada seluruh pengguna untuk membatasi penggunaan smartphone dan mulai mengisi waktu luangnya untuk beberapa kegiatan di kampus ataupun sekolah, karena dengan cara menyibukkan diri tentu saja akan membuat kita semakin terhindar untuk terlalu sering menggunakan smartphone ini.

0 komentar:

Posting Komentar